Hukum Utama Hidrostatik

Kamu tentunya memiliki botol air bukan? Mari kita isi botol tersebut dengan air kira-kira setengah botol! Mula-mula botol kita letakkan pada permukaan meja. Kita melihat bahwa permukaan air dalam botol adalah mendatar. Sekarang botol kita miringkan, ternyata permukaan air tetap mendatar. Mengapa demikian? Untuk memahami sifat permukaan air tersebut, berikut ini kita bahas hukum utama hidrostatik. Perhatikan gambar 7.9 berikut.

Pada gambar 7.9 tersebut terdapat empat bejana yang berbeda bentuk dan saling berhubungan. Ketika bejana-bejana tersebut diisi fluida statik yang jenisnya sama ternyata dalam keadaan setimbang ketinggian fluida pada tiap bejana sama. Berdasarkan konsep tekanan hidrostatik, tekanan pada masingmasing dasar bejana adalah sama. Keadaan fluida seperti gambar 7.9 dikenal dengan hukum utama hidrostatik.

Hukum utama hidrostatik berbunyi:
“Tekanan hidrostatik pada sembarang titik yang terletak pada bidang mendatar di dalam wadah suatu jenis zat cair sejenis dalam keadaan seimbang adalah sama”.
Hukum utama hidrostatika juga berlaku pada pipa U (bejana berhubungan) yang diisi lebih dari satu macam zat cair yang tidak bercampur. Percobaan pipa U ini biasanya digunakan untuk menentukan massa jenis zat cair. Berdasarkan tekanan hidrostatik maka kita dapat menentukan besar gaya hidrostatik yang bekerja pada dasar bejana tersebut. Contoh penerapan hukum utama hidrostatik misalnya pada penggunaan water pass.
Hukum utama hidrostatik tidak berlaku bila:
a. fluida tidak setimbang,
b. bejana diisi fluida yang berbeda,
c. salah satu bejana ditutup.

Gaya Hidrostatik (Fh)

Besarnya gaya hidrostatik (Fh) yang bekerja pada bidang seluas A adalah:

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: